You are here

Pelatihan Manajemen Laboratorium/Bengkel di Universitas untuk para Teknisi

Laboratorium dan Bengkel Fakultas Teknik UNY merupakan salah satu barometer  Laboratorium dan bengkel yang ideal bagi kegiatan proses belajar mengajar di LPTK (Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan). Laboratorium dan Bengkel ini awalnya didesain oleh projek bank dunia dan fasilitasnya terus diringkatkan sesuai kebutuhan. Sebagai Laboratorium/Bengkel  percontohan FT-UNY sering menerima kunjungan teknisi dan dosen dari berbagai institusi perguruan tinggi lain dan beberapa tahun terakhir dipercaya dikti untuk menyelenggarakan pelatihan teknisi bagi teknisi laboratorium perguruan tinggi di Indonesia.
        Untuk menjaga dan memelihara keunggulan tersebut maka FT-UNY menyelenggarakan  pelatihan up grading bagi teknisi Laboratorium/ Bengkel di lingkungan FT-UNY (16/7/2010). Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap proses belajar dan mengajar serta memantapkan peran  dan fungsi teknisi/laboran dalam mengelola laboratorium/bengkel. Acara dibuka oleh Dekan FT UNY Wardan Suyanto, Ed.D dalam sambutannya Dekan FT mengharapkan bahwa para teknisi/laboran mampu meningkatkan kinerjanya dan pelayanannya untuk kegiatan PBM di laboratorium maupun bengkel serta mengelola laboratorium.bengkel dengan mengacu pada SMM ISO 9001 yang telah diperoleh FT-UNY. Disamping itu teknisi/laboran juga diharapkan mampu menyiapkan laboratorium/bengkel dengan mengacu pada standar akreditasi laboratorium  ISO 1722 yang akreditasinya akan segera dirintis untuk Laboratorium/Bengkel di FT-UNY.
      Pemateri dalam acara pelatihan ini adalah Dr. Thomas Sukardi dosen senior  dan calon guru besar FT-UNY yang juga sebagai kepala laboratorium/bengkel Fabrikasi dan Permesinan. Dalam materinya disampaikan bahwa tugas utama teknisi adalah
1. Penyelenggara kegiatan praktek di lab/bengkel kerja
2. Administratur praktek di Lab/bengkel kerja
3. Tenaga maintenance di lab/bengkel kerja.
Disamping tugas utama tersebut teknisi juga harus mampu mengelola laboratorium dengan tugas meliputi;
1. Menata ruang laboratorium
2. Mengatur peralatan di laboratorium
3. Mengatur sirkulasi dan distribusi bahan
4. Mengatur infrastruktur dan sanitasi di laboratorium
5. Administrasi laboratorium
6. Menjaga keamanan laboratorium
7. Menegakkan tata tertib laboratorium

Dengan pelatihan ini yang diikuti seluruh teknisi di FT-UNY yang berjumlah sekitar 30 orang diharapkan laboratorium dan bengkel di lingkungan FT-UNY mampu menunjang profesionalisme dosen dan mahasiswa untuk dapat meningkatkan relevansinya di masyarakat. (noor)

Informasi Akademik

------------------------------------------------------
11/03/2014
Pedoman PPM FT UNY
------------------------------------------------------
26/02/2014
Pedoman Peneltitian FT 20 Feb 2014

Pages

Info Kemahasiswaan

Informasi Keuangan dan Akutansi

------------------------------------------------------
25/08/2013
Pengambilan Uang Kuliah Semester Khusus

Pages

Info Umum, Kepeg. & Perlengkapan

------------------------------------------------------
28/01/2014
Sertifikasi Dosen 2014
------------------------------------------------------
17/04/2013
Prosedur Pengusulan PPAK Jabatan Dosen ke Asisten Ahli

Pages