JUARA 2 LKTI SEACRING ITS 2018

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih juara 2 LKTI SEACRING yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Transportasi Laut, ITS Surabaya. Pada kompetisi ini, Tim UNY diwakili oleh Ahmat Prabowo (Pendidikan Teknik Otomotif 2016), Rizal Justian Setiawan (Pendidikan Teknik Mesin 2017) dan Indra Dwi Suryanto (Pendidikan Teknik Elektro 2013). Pada ajang bergengsi ini, mahasiswa UNY mengangkat karya “HESA: Inovasi Aerator Bertenaga Hybrid berbasis Oscilating Water Column dan Savonious Wind Turbine”.

Ahmat menjelaskan bahwa latar belakang pembuatan karyanya ini karena melihat besarnya potensi tenaga gelombang air laut dan angin di daerah pesisir. “Dari sana kami membuat prototype Aerator dari kedua energi terbarukan tersebutkarena saat ini budidaya perikanan di pesisir selatan DIY sudah sangat menjamur sehingga suatu peluang jika dapat memberikan inovasi aerator yang murah,” tutur Ahmat.

 “Pemanfaatan kekuatan alam (tenaga angin dan tenaga gelombang laut) untuk menjadi sebuah energi sangat dibutuhkan, tak terkecuali alat aerator yang biasanya digunakan di tambak”, imbuhnya.
Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional ini yang merupakan event tahunan ini, mengangkat tema “Pengembangan Teknologi Berkelanjutan untuk Kejayaan Maritim Indonesia” dengan subtema Pendidikan, Teknologi, Energi, Sosial Budaya, Lingkungan dan Ekonomi. Final LKTI SEACRING ITS diselenggarakan pada 25 Maret 2018 di Gedung Serbaguna Fakultas Teknologi ITS Surabaya.
Ahmat, ketua dari tim menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi pada kejuaraan ini. ”Alhamdulillah, pencapaian ini sangat baik untuk melanjutkan prestasi-prestasi di hari-hari berikutnya. Semoga bisa terus Istiqomah dalam membawa nama baik almamater UNY.” ungkapnya.

Dalam kompetensi ini, 10 finalis berasal dari Perguruan Tinggi di Indonesia seperti BINUS, UII, UNSRI, UNY dan UNUD. Tim UNY berhasil meraih juara II, kemudian disusul Universitas Sriwijaya dengan Juara II dan juara III diraih oleh BINUS University. Selain kegiatan ini, terdapat rangkaian acara yaitu Seminar Nasional, Pameran Tugas Akhir Teknik Transportasi Laut ITS, serta Lomba Maket SMA/SMK se-Jawa Timur (Ahmat).