Kreasi Tata Rias Pengantin Barat

Sebanyak 40 mahasiswa semester 3 D3 Rias dan Kecantikan FT-UNY menampilkan Show Tata Rias Pengantin Barat di auditorium UNY (22/12/2010). Sebanyak 40 Tata Rias Pengantin Barat di tampilkan dihadapan para bapak/ibu dosen Jurusan PTBB, adik/kakak angkatan dan orang tua mahasiswa, praktisi rias pengantin, serta masyarakat umum. Pagelaran dilaksanakan  sebagai  ujian mata kuliah Rias Pengantin Barat yang di pentaskan dihadapan khalayak atas inisiatif mahasiswa sendiri.

Menurut Ketua panitia Rianti bahwa  kegiatan ini memang murni inisiatif mahasiswa untuk mementaskan hasil karyanya, sebagai uji kompetensi dan promosi sekaligus berlatih entrepreneurship untuk mengelola usaka di bidang Rias Kecantikan. Keberanian menampilkan karya dihadapan khalayak adalah untuk menunjukkan kemampuan selama belajar, menjaring  kritik dan saran dari masyarakat dan praktisi untuk meningkatkan kemampuan mereka saat nanti terjun di lapangan kerja dann usaha rias kecantikan.

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kaprodi D3 Rias Kecantikan Yuswati M.Pd mengatakan bahwa prodi tidak mewajibkan untuk menggelar karya semegah ini, namun jika mahasiswa menghendaki hasil karyanya digelar di hadapan publik, prodi akan mendukung dan membimbing mahasiswa untuk mengelola pagelaran dan mencari sponsor. Prodi Rias sangat bangga memiliki mahasiswa yang mampu berkreasi, berpromosi dan bekerja sama mengelola event Rias secara swadana dan tampil penuh percaya diri dihadapan publik. Keberanian untuk mencoba menampilkan karya Rias Pengantin Barat oleh para mahasiswa merupakan modal utama untuk menjadi "enterpreneur" yang sukses.

Dalam pagelaran ini juga dihadirkan pembicara tamu Direktur Utama Putri Kedaton Spa & Herbal Lounge ibu Anny Wulan, SE, MM.,  untuk mengomentari hasil karya dan memotivasi mahasiswa. Anny Wuulan juga sebagai dosen luar biasa di D3 Rias Kecantikan FT UNY. Menurut Anny Wulan karya  Rias Pengantin Barat mahasiswa  D3 Rias Kecantikan FT UNY sudah cukup membanggakan dan sudah tumbuh jiwa-jiwa enterpreneur untuk terjun di bisnis Rias Kecantikan. Di Jogja bisnis Rias Kecantikan masih sangat prospektif jika mampu memanfaatkan berbagai peluang dan bahan-bahan alami yang ada untuk diolah menjadi produk kecantikan sekaligus perawatan kesehatan. (noor)