PT Royal Lestari Utama (RLU) Group dan FT UNY Jalin Kerjasama Strategis

Yogyakarta, 18 Desember 2023 - PT Royal Lestari Utama (RLU) Group, perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan hutan tanaman industri, telah menjalin kerjasama strategis dengan Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Acara pengesahan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak berlangsung pada Jumat, 15 Desember 2023, di kampus UNY. Pada acara tersebut, perwakilan dari RLU yang hadir untuk pengesahan MoU antara RLU Group dan FT UNY adalah Mursosan Wiguna (Direktur/Chief People Officer), Anjas Zulfikar (Talent & Organization Development Department Head), dan Nadia Islah Delvianti (Talent & Organization Development Officer).

Program kerjasama yang ditawarkan oleh RLU Group kepada FT UNY mencakup rekrutmen khusus untuk lulusan UNY, penelitian dan magang bagi mahasiswa dan dosen di lokasi perkebunan RLU Group, serta proyek pemberdayaan petani, terutama petani karet di Jambi dan Kalimantan Timur.

PT Royal Lestari Utama (RLU) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan hutan tanaman industri melalui anak usahanya yaitu PT Lestari Asri Jaya, PT Wanamukti Wisesa, dan PT Multi Kusuma Cemerlang, yang memiliki konsesi di Jambi dan Kalimantan Timur serta pabrik pengolahan di Samarinda. Selain itu, PT RLU juga beraliansi dengan PT Michelin Indonesia (PTMI) Jakarta, PT Synthetic Rubber Indonesia (SRI) Banten, PT Multistrada Arah Sarana Tbk Cikarang

PT RLU Group memiliki 7.553 karyawan, yang mengelola lebih dari 80.000 hektar perkebunan karet di Jambi dan Kalimantan Timur. Perusahaan ini juga memiliki pabrik pengolahan di Samarinda. Dari hasil pengelolaan perkebunan karet tersebut, RLU bersama group perusahaan lain  memproduksi ban kendaraan dengan merk dagang MICHELIN.

Pada Rabu, 22 November 2023, RLU Group membuka pendaftaran rekrutmen untuk mahasiswa tingkat akhir dan alumni fresh graduate. Hingga batas waktu pendaftaran pada 10 Desember 2023, sebanyak 30 alumni UNY dari Departemen Mesin, Otomotif, Elektro, dan Sipil FT dan FV mendaftar. Proses seleksi dilakukan melalui wawancara pada Sabtu, 16 Desember 2023, di kampus FT UNY.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi mahasiswa, alumni, dan fakultas FT UNY serta kontribusi positif dalam pengembangan sektor perkebunan karet di Indonesia. Dengan adanya MoU ini, diharapkan pula dapat terwujudnya kolaborasi yang berkelanjutan antara RLU Group dan FT UNY dalam mendukung pendidikan, penelitian, dan pengembangan sumber daya manusia di bidang teknik dan industri.