Robot Al-‘Aadiyaat Meraih Prestasi Pada Kontes Robot Indonesia Nasional 2023

Robot Al-‘aadiyaat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meraih juara 3 dalam Kontes Robot Sepak Bola Humanoid Nasional tahun 2023 yang dilaksanakan secara offline. Kontes robot ini merupakan puncak acara dari Kontes Robot Indonesia yang digelar di Universitas Semarang pada tanggal 21-26 Juni 2023.

Kontes Robot Indonesia adalah kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (PPN) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

KRI memperlombakan enam kategori. Yakni, Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI). Dalam lomba tersebut tim Al-‘Aadiyaat mengikuti perlombaan dalam divisi KRSBI Humanoid.

Ketua Tim Al-‘Aadiyaat mengatakan bahwa tahun ini tim melakukan Upaya penuh untuk mempersiapkan perlombaan KRI ini dengan usaha yang penuh dan semangat dari para anggota sehingga tim mendapatkan juara mulai dari KRI Wilayah 1 yaitu tim mendapatkan juara 1 dan KRI Nasional tim mendapatkan juara 3. Persiapan KRI ini dilakukan kurang lebih satu tahun yang dilakukan sebelum lomba mulai dari persiapan mental anggota terutama tim inti, persiapan robot yang matang, dan pengecekan komponen elektronik, mekanik, dan program yang ada paa robot Al-‘Aadiyaat.

“Persiapan mental merupakan salah satu hal utama yang perlu dipersiapkan sebelum pertandingan dimulai. Karena mental juga bisa mempengaruhi robot saat bertanding. Karena ketika mental tidak siap maka akan mengalami panik dan tidak bisa menemukan solusi ketika masalah terjadi.,” jelasnya.

Pada babak penyisihan KRI Nasional ini Al-‘Aadiyaat masuk ke dalam grup C yaitu untuk putaran pertama Al-‘Aadiyaat bertanding melawan Aroc-PL dari Politeknik Negeri Malang dengan skor imbang 0-0. Putaran kedua Al-‘Aadiyaat bertanding dengan Midun dari Politeknik Negeri Padang dengar skor 3-0, dan pada perempat final Al-‘Aadiyaat bertanding dengan tim Eros dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dengan skor 1-0, dan yang terakhir Al- ‘Aadiyaat bertanding dengan Ichiro dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan skor 0-1 dan pada pertandingan ini tim Al-‘Aadiyaat kalah dengan tim Ichiro sehingga Al-‘Aadiyaat mendapatkan juara pada posisi 3.

Dosen pembimbing Ariadie Chandra Nugraha, ST.,MT. mengaku bangga, akan pencapaian tim pada tahun ini karena lebih jika dibandingkan tahun – tahun sebelumnya dan berharap untuk tahun kedepannya dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Anggota Tim Robot Al-‘Aadiyaat adalah Muhammad Fikri (ketua), Retno Rahayu(manager), Desfitra Nur Arifah (manager) serta tim program yaitu Nur Alif Ilyasa, Muhammad Naufal Nusantoro, Rifky Andigta Al Fathir, Wisnu Putra Wardana, Afif Ilham Syafi Udin dan Kiflan Anugrah Syawal.

Kemudian untuk mekanik terdiri dari Taufiq Nugroho, Bagus Ari Wibowo, dan Habil Aulia Sukma dan untuk elektronik terdiri dari Muhammad Yoga Pangestu, Hudzaifi Adzkar Luthfi, Tsalasanita Nuraeni, Amara Livia Andini Putri, Cikal Ardhiansyah Indra Purnomo, Hafidh Rasyiq Ramadhani.

 

Penulis: Desfitra