SECRET STYLED KARYA MAHASISWA UNY, MERAIH JUARA 2 PADA KOMPETISI ENTREPRENTURE CLASS AN ANNUAL EVENT OF BEMP ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Fast fashion merupakan karakteristik tren mode yang cepat berubah dengan harga pakaian yang murah sehingga mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak pakaian baru. Masalah minat yang tinggi terhadap fast fashion mengakibatkan lonjakan besar dalam volume impor pakaian bekas di Indonesia. Di Indonesia, jumlah limbah pakaian bekas mencapai sekitar 1,7 juta ton setiap tahun dan terus meningkat dari waktu ke waktu. Pada tahun 2022, volume limbah pakaian bekas yang terkumpul mencapai 2,3 juta ton . Impor pakaian di Indonesia mencapai  2,25 juta ton, hal ini menyebabkan kerusakan lingkungan alam yang terus berkelanjutan.

Tim mahasiswi dari Universitas Negeri Yogyakarta yang beranggotakan Mustika Natalia dari Prodi Pendidikan Sosiologi, Alifia Salsabiila dari Prodi Pendidikan Ekonomi, Asni Muslimah dari Prodi Pendidikan Teknik Busana, Hasna Putri Nurlaila dari Prodi Pendidikan Geografi dan Novita Dewi Sulistyowati dari Prodi Pendidikan Teknik Busana, membuat produk Secret Styled.

Membuat produk Secret Styled merupakan bisnis pakaian yang  berfokus  pada  penggabungan budaya dan kesadaran lingkungan. Kami menggunakan bahan dasar dari pakaian bekas layak pakai dan jarik kain batik khas Yogyakarta yang tidak terpakai lagi. Secret styled membuat inovasi modifikasi yaitu metode mix and match dan customade. Bahan dasar pakaian layak pakai yang sudah disortir secara baik dan profesional untuk menjaga kualitas produk pakaian.Packaging ramah lingkungan (box pakaian sustainable dan  kain  goni sebagai pembungkus produk).

Karya ini berhasil meraih Juara 2 pada kompetisi Entrepreneur Class an Annual Event Of BEMP Elektro Universitas Negeri Jakarta yang diikuti berbagai kampus negeri dan swasta. Hal ini merupakan salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang lingkungan alam dan warisan nilai budaya.