Serah terima jabatan kepemimpinan Fakultas Teknik UNY, bersambut momen refleksi perjalanan kepemimpinan dan pengabdian.

Bertempat di ruang sidang KPLT Lt. 2 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (06/12), diselenggarakan acara pisah sambut, sekaligus menjadi momen refleksi perjalanan kepemimpinan dan pengabdian. Acara tersebut menandai berakhirnya masa bakti Wakil Dekan, Ketua Departemen, dan Sekretaris Departemen periode 2019-2023.

Prof. Dr. Ir. Edy Supriyadi, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, & Alumni Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, tampil sebagai perwakilan dari jajaran wakil dekan periode 2019-2023 dengan menyampaikan kata sambutan yang sarat makna. Dalam momen pisah sambut yang penuh kehangatan di Ruang Sidang KPLT Lt. 2, beliau mengucapkan selamat kepada para pejabat yang baru dan menyatakan dukungannya kepada mereka yang akan mengemban amanah kepemimpinan Fakultas.

"Sedikit kami sampaikan bahwa keberhasilan program di FT itu tidak terlepas dari mahasiswa, dosen, koorprodi, sekdep, kadep, wakil dekan, dekan, dan senat. Oleh karena itu, kita akan berhasil bila keseluruhan unsur itu dapat bekerjasama dengan sebaik baiknya," ujar Prof. Edy Supriyadi.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ir. Zainal Arifin, M.T., Ketua Departemen Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY periode 2019-2023, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan selama masa baktinya yang telah mencapai dua periode. Dr. Zainal berharap apa yang telah dilakukan dapat memberikan kontribusi positif bagi Fakultas dan Universitas. "Dalam melaksanakan tugas, tentu kami berharap teman-teman yang akan bertugas selanjutnya bisa meneruskan apa yang sudah kami lakukan," tambah Dr. Zainal Arifin.

Rangkaian sambutan dalam acara pisah sambut di Ruang Sidang KPLT Lt. 2 Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta ditutup dengan kata-kata apresiasi yang tulus dari Dekan FT UNY, Prof. Dr. Mutiara Nugraheni, S.TP., M.Si. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan penghargaan atas dedikasi dan kerjasama yang telah ditunjukkan oleh pengurus yang lama, terutama dalam menghadapi tantangan masa pandemi COVID-19.

Prof. Mutiara Nugraheni menyampaikan rasa terima kasihnya, "Saya ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus yang lama, terutama dalam menghadapi situasi yang tidak terduga seperti pandemi COVID-19. Dedikasi dan kerjasama yang ditunjukkan sangat berarti bagi kelancaran perkuliahan, terutama dalam era daring yang menjadi kebijakan untuk menjaga keamanan dan kesehatan bersama."

Beliau menyoroti adaptasi yang cepat dan responsif dari pengurus sebelumnya, yang memungkinkan perkuliahan daring berjalan dengan lancar. "Adaptasi yang cepat dari pengurus sebelumnya menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi pandemi. Ini menunjukkan profesionalisme dan tanggung jawab yang tinggi terhadap tugas dan fungsi Fakultas Teknik," tambah Prof. Mutiara Nugraheni.

Prof. Mutiara juga menekankan bahwa Fakultas Teknik UNY, sebagai fakultas yang mengedepankan skills, berhasil mengatasi berbagai kendala yang muncul. "Kita tahu bahwa FT memiliki ciri khas dengan fokus pada pengembangan keterampilan. Meskipun ada kekurangan di tengah pandemi, kita berhasil mengatasinya berkat kinerja, dedikasi, dan kolaborasi dari seluruh elemen di dalam Fakultas," ungkapnya dengan penuh semangat.

Beliau melanjutkan sambutannya dengan menyampaikan harapannya terhadap pengurus yang baru, "Selamat dan sukses kepada pengurus yang baru atas amanah yang baru ini, merupakan tanggung jawab yang harus diemban dengan sepenuh hati," ujar Prof. Mutiara Nugraheni