Pameran Kuliner, Mahasiswa Tata Boga UNY Dituntut Kembangkan Kreasi & Inovasi

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil mencuri perhatian melalui pameran virtual produk kuliner "Samboga Atyasa 2022" yang tayang perdana melalui platform YouTube pada Kamis, 30 Juni 2022. Acara tersebut menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menunjukkan inovasi dan kreativitas mereka dalam bidang kuliner.

Ketua Jurusan Teknik Pendidikan Boga dan Tata Busana, Fakultas Teknik UNY, Muhammad Adam Jerusalem, Ph.D., memberikan pesan penting dalam acara tersebut. Ia menekankan pentingnya terus mengembangkan inovasi dan kreativitas, baik selama masa studi maupun di masa depan sebagai profesional di bidang boga. Muhammad Adam menyatakan bahwa inovasi yang berkelanjutan adalah kunci untuk meraih kesuksesan dalam karir kuliner.

"Inovasi dan daya kreasi mahasiswa untuk menciptakan segala sesuatu harus terus dilakukan. Tidak bisa hanya berhenti di proyek akhir mata kuliah. Ke depan ketika lulus, ketika bekerja, mengajar, atau menjadi profesional di bidang boga untuk terus berinovasi," pesan Muhammad Adam.

Beliau juga menekankan bahwa terus berinovasi adalah cara agar karya mahasiswa akan terus dikenang oleh orang lain. Ini merupakan dorongan yang kuat untuk menjaga semangat kreativitas dan pengembangan diri.

Muhammad Adam juga menggarisbawahi pentingnya kompetensi mahasiswa dalam berbagai aspek, termasuk kemampuan berkomunikasi, berkoordinasi, dan bernegosiasi. Pameran inovasi di bidang boga bukan hanya tentang memasak tetapi juga tentang bagaimana berinteraksi dengan berbagai pihak, termasuk pihak luar kampus. Hal ini membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk menjadi pendidik atau profesional di industri kuliner.

Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Tata Boga UNY, Dr. Dra. Badraningsih Lastariwati M. Kes., menjelaskan bahwa pameran tersebut merupakan tahap diseminasi dari riset dan pengembangan inovasi produk boga. Semua produk yang dipamerkan dianggap unggul dan memiliki nilai kenikmatan tinggi serta manfaat bagi masyarakat, termasuk penyajian makanan sehat.

Pameran virtual "Samboga Atyasa 2022" menjadi bukti nyata dari semangat inovasi dan pembelajaran yang berkelanjutan di Program Studi Pendidikan Tata Boga UNY. Mahasiswa dan staf fakultas berharap bahwa inovasi-inovasi yang ditampilkan dalam pameran ini akan terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi dunia kuliner dan masyarakat pada umumnya.