Project Improvement Mahasiswa UNY pada Program Internship MBKM di PT. Komatsu Indonesia

Fakultas Teknik UNY membuka tahun 2023 dengan inovasi di industri mitra. Pada event “MBKM Convention: Evaluasi Akhir Program Batch 1”, 5 mahasiswa FT UNY mempresentasikan hasil Project Improvement di PT Komatsu Indonesia, Jakarta Utara. Project Improvement tersebut merupakan salah satu luaran dari kegiatan Internship MBKM Batch 1 di PT Komatsu Indonesia dan beberapa perusahaan supplier, pada bulan Agustus-Desember 2022.

Kelima mahasiswa yang berasal dari Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dan Pendidikan Teknik Otomotif tersebut, dengan percaya diri mempresentasikan hasil inovasinya di hadapan para Board of Director (BOD) PT Komatsu Indonesia, perwakilan Dirjen DIKTI, Perwakilan Dirjen Belmawa, pimpinan perusahaan supplier Komatsu. Tema inovasi yang diusung oleh kelima mahasiswa tersebut berbeda-beda tiap mahasiswa. Kelima tema tersebut berfokus pada improvement local supplier Quality, Level Up Quality Welding, On Time Delivery, produktivitas di area CNC dan Casting Quality Improvement.

Dekan FT UNY, Prof. Herman Dwi Surjono Ph.D, yang berkesempatan hadir menyaksikan presentasi inovasi mahasiswa di PT Komatsu Indonesia, menyampaikan bahwa “Program Internship MBKM yang diselenggarakan oleh PT Komatsu Indonesia sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena mereka langsung bekerja di industri seperti karyawan lain di bawah bimbingan mentor perusahaan yang berpengalaman. Kami berharap agar program seperti ini terus dilajutkan dan diperluas dengan skema kerja sama lainnya”

Internship MBKM ini merupakan salah satu implementasi atas kerjasama UNY dan PT Komatsu Indonesia, yang telah dijalin mulai 2 Juni 2022 dan tertuang dalam nota kesepahaman (MoU).  Oleh sebab itu, program Internship MBKM di Komatsu ini akan dilanjutkan pada Batch 2. Empat mahasiswa UNY akan berangkat Internship MBKM Batch 2 pada pekan kedua Januari 2023.