YPA-MDR dan FT UNY Kembangkan Kualitas SMK

Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menggandeng Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dalam pembinaan Sekolah Menengah Kejuruhan. Setelah melakukan serangkaian pendampingan dalam proses akademik dan kesiswaan, Pengurus YPA-MDR melaksanakan monitoring progress kemajuan tiap SMK binaan yakni SMK N 1 Pandak, SMK N 2 Gedangsari, SMK N 1 Leuwiliang, SMK N 2 Donorejo (01/09/2022) serta diperkuat dengan kehadiran mitra industri FT UNY demi memfasilitasi sinergi dengan SMK binaan.
Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya peningkatan kualitas SMK unggul mesti diperkuat dengan kemitraan dan penyelarasan dengan industri dan dunia kerja. “Melalui program revitalisasi SMK yang saat ini disebut sebagai Pengembangan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK), Pemerintah terus mendorong program link and match melalui kemitraan dengan industri untuk meningkatkan kualitas pembelajran di sekolah,” ujarnya.
Hal ini senada dengan yang disampaikan Herawati Prasetyo selaku Ketua Pengurus YPA-MDR bahwa untuk peningkatan kompetensi guru dan siswa, YPA-MDR bekerjasama dengan pihak-pihak Narasumber yang kredibel dalam melakukan pembinaan 4 Pilar yaitu Akademik, Karakter, Seni Budaya dan Kecakapan Hidup. “Program-program pembinaan yang dilakukan seperti Pelatihan management sekolah, Pelatihan Metode berhitung Gampang Asyik dan Menyenangkan (GASING), Program Berbagi Inspirasi Insan Astra, Program Kewirausahaan SMK, Pelatihan Keberagaman Kebhinekaan, 4 karakter dasar (Bersih, Disiplin, Respek dan Daya Juang), Pelatihan Tari dan Musik tradisional, Pembentukan Sanggar Anak Seni Nusantara, Pelatihan karya produk Kearifan Lokal (Batik, Tenun dan Tapis) dan juga Revitalisasi Komite Sekolah,” terang Herawati
"Kami juga membangun sinergi dengan Pemda setempat, orangtua murid, pengawas, dan komite sekolah, sehingga seluruh lingkar sinergi ini dapat dibentuk untuk memajukan pendidikan SMK," lanjut Herawati.
“Kini, sekolah-sekolah binaan kami telah berstatus Unggul dan itu juga berkat peran FT UNY yang Bersama-sama memberikan pendampingan,” lanjut Herawati.
Program bantuan pendidikan YPA-MDR telah menyentuh 111 sekolah jenjang SD, SMP dan SMK sebagai konsep Sekolah Eskalator dan tersebar di 13 Kabupaten  yang berada di Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Timur.
“Perjalanan YPA-MDR berawal dari sebuah gagasan Presiden Direktur Astra periode tahun 2005–2010, almarhum Michael D. Ruslim dengan program BERNAS (Bantuan Edukassi dan Transformasi Bagi Anak dan Sekolah) dalam rangka mewujudkan cita-cita Astra untuk “Sejahtera Bersama Bangsa” serta menjalankan program kontrubusi sosial berkelanjutan Astra pilar Astra Untuk Indonesia Cerdas melalui visi, misi, strategi dan program-program yang secara khusus ditujukan untuk pemerataan pendidikan di daerah prasejahtera” tutur Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo.
“Saat ini SMK memang menjadi salah satu fokus utama kami demi meningkatkan serapan alumni di dunia kerja dan industri maupun mengakselerasi jumlah wirausaha,” tutupnya.