Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • Beranda
  • Profil FT
    • Sejarah FT
    • Visi dan Misi
    • Pimpinan
    • Dosen dan Karyawan
    • Renstra FT UNY 2020-2025
    • VIRTUAL TOUR
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan
      • Pendidikan Teknik Elektro
      • Pendidikan Teknik Mekatronika
      • Pendidikan Teknik Elektronika
      • Pendidikan Teknik Informatika
      • Pendidikan Teknik Otomotif
      • Pendidikan Teknik Mesin
      • Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
      • Pendidikan Tata Boga
      • Pendidikan Tata Busana
    • S1 - Teknik
      • Teknik Manufaktur - S1
      • Teknik Elektro - S1
      • Teknik Sipil - S1
      • Teknologi Informasi - S1
      • Teknik Industri - S1
      • Arsitektur - S1
    • S2 - Magister Pendidikan
      • S2 - Pendidikan Teknik Elektro
      • S2 - Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
      • S2 - Pendidikan Teknik Mesin
      • S2 - Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
    • S3 - Ilmu Teknik
  • Akademik
    • Permohonan Ijin Observasi
    • Permohonan SK Ujian TAS/PA
    • Permohonan SK Pembimbing TAS/PA
    • Permohonan Bebas Teori
    • Permohonan Ijin Penelitian TAS/PA
    • Permohonan Surat Tugas/Ijin Dosen/Tendik
    • Permohonan Surat Permohonan Praktik Industri ke Industri
    • Permohonan Surat Tugas Praktik Industri bagi Mahasiswa
    • Permohonan Surat Ucapan Terima Kasih pada Industri Tempat PI
  • Event
    • SEMINAR INTERNASIONAL ELINVO
    • SEMINAR INTERNASIONAL ICOVEMAT
    • SEMINAR INTERNASIONAL ICSI
    • SEMINAR INTERNASIONAL ICTVT
    • SEMINAR NASIONAL SNPT
    • SEMINAR NASIONAL SNPTE
  • Jurnal
    • Dinamika
    • Edukasi Elektro
    • Elinvo
    • Home Economics
    • Inersia
    • JEATech
    • JPTK
    • Vokasi Otomotif
  • Library FT
  • Links
  • Penjaminan Mutu
  • SIM UNY
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Formulir
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
  • ZI - WBK

Penyegaran Strategi dan Metode Pembelajaran

By admin | 11:26 AM WIB, Thu August 12, 2021

Bila mengacu pada Permendikbud, ada sembilan aspek dalam pembelajaran perguruan tinggi dengan 7 aspek utama yang harapannya ketika kita sebagai pengajar dalam mendesain pembelajaran mesti merujuk pada aspek-aspek ini yakni intrektif, holistik, interaktif, saintifik, kontekstual dan tematik, kolaboratif, serta berpusat pada mahasiswa. Demikian disampaikan Dr. Sunaryo Soenarto, M.Pd., dalam pembukaan presentasinya kala menjadi narasumber dalam Webinar Series #2 Pengembangan Kapasitas Dosen Fakultas Teknik UNY 2021 yang diselenggarakan Pusat Sumber Belajar FT UNY (12/08/2021).

Sunaryo melanjutkan bahwa ada tiga elemen dalam desain pembelajaran yang berawal pada capaian pembelajaran (CP) atau tujuan pembelajaran. “Pada Rencana Pembelajaran Semester kita telah dibuat berjenjaang yakni dari CP lulusan Program Studi kemudian dijabarkan menjadi CP mata kuliah dan setiap mata kuliah akan dijadikab sub-sub utuk tiap pertemuan atau beberapa pertemuan,” ujarnya.

“Dari tujuan tersebut lah akan tersedia akses pada pembelajaran yang terkandung strategi dan metode pembelajaran. Kemudian, dari proses pembelajaran tersebut kita lakukan evaluasi,” terang Sunaryo.

“Dengan mempehatikan hal-hal tersebut kala mendesain perkuliahan manfaat yang akan diperoleh tidak lain untuk memfasilitasi mahasiswa dalam proses belajar memahami, menghayati, berkarya hingga melakukan kegiatan nyata yang tentu sangat relevan dengan pendidikan vokasi yang ditonjolkan di FT UNY,” beber Sunaryo.

“Selanjutnya dengan menyesuaikan metode, media dan sumber belajar terutama dalam masa pandemic Covid-19 ini diharapkan kita bisa menyuguhkan pengalaman belajar yang kongkrit, luas dan mendalam,” imbuhnya.

Berkaitan dengan hal diatas perlu kita pastikan dlu tujuan kita dalam pembelajaran bila kita akan ingin mentransfer pengetahuan maka alternatif metodenya adalah ceramah, tanya jawab, brainstorming dan seminar sedangkan pada pengembangan keterampilan metodenya mencakup demonstrasi, eksperimen dan simulasi.

“Dalam pembentukan sikap bisa dengan ceramah, tutorial dan role-playing sedangkan pemecahan masalah adalah diskusi dan tugas mandiri. Semakin metode itu meruncing tentu akan makin meningkatkan partisipasi mahasiswa,” ungkapnya.

“Dari proses tersebut kita juga mesti memahami tentang pendekatan yang merupakan pandangan, filosofis atau hakikat teoritis pembelajaran yang kemudian turun pada strategi yang berisi konsep atau rencana secara utuk lalu metode yang mencakup prosedur/kerangka proses dalam pembelajaran dan yang paling bawah adalah teknik dan taktik yang merupakan hal unik tiap pengajar yang menjadi cara khas yang operasional dalam pembelajaran,” jabar Sunaryo.

“Pembelajaran di masa pandemi yang paling dibutuhkan adalah pembelajaran yang mesti dapat diakses melalui handpone atau laptop, serta respon yang cepat dan tugas dapat ditentukan, kemmapuan sinkron maupun asinkron,” tutupnya.

Berita Lain

  • Uji Kompentensi Fashion Dukung Sektor Pariwisata
    05/30/2022 - 11:33
  • Raih Dana Hibah PKKM 2023 Departemen Pendidikan Teknik Otomotif Bersiap Menuju Pusat Vokasional Green Transportation
    02/22/2024 - 18:58
  • 154 Mahasiswa PTSP FT UNY Dinyatakan Kompeten melalui Uji SKT 2020
    11/20/2020 - 08:30
  • Gold Medal World Science, Environment, and Engineering Competition (WSEEC) 2021
    06/30/2021 - 13:30
  • Robot Mobo-Evo Raih Juara Kedua KRI Tingkat Nasional
    06/27/2023 - 17:28
  • Si Udin (Manusia Marbot), Semoga Menjadi Inspirasi Kita
    08/11/2020 - 08:43
  • Upaya Sistematis Untuk Tingkatan Kapasitas Dosen
    08/09/2021 - 09:59
  • Dekan dan perwakilan FT UNY kunjungi ke FPTK UPI untuk membahas kerjasama dan tata kelola fakultas PTN-BH
    08/14/2023 - 10:50
  • FT UNY dan Politrada Bali Bersinergi Dalam Majukan Teknologi Otomotif
    09/06/2021 - 10:10
  • Penyegaran Strategi dan Metode Pembelajaran
    08/12/2021 - 11:26

Video Safety Briefing K3 FT UNY

Video Profil FT

Virtual Tour Fakultas Teknik UNY

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • BEM FT
  • HIMA MESIN
  • HIMA OTOMOTIF
  • HIMA ELEKTRO
  • HIMANIKA
  • HMTSP
  • HIMAGANA
  • UKMF FENOMENA
  • UKMF KMM
  • UKMF MATRIKS
  • UKMF KPALH CARABINER
  • UKMF OLAHRAGA
  • UKMF UNYTechTV

 

 

Bagian dan Sub Bagian

  • Subag Akademik
  • Subag Keuangan dan Akuntansi
  • Subag Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Subag Kemahasiswaan dan Alumni

Kontak Kami

Alamat : Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281
Telp. (0274) 586168 psw. 1216,1276,1289,1292 (0274) 586734 Fax. (0274) 586734
Help Desk (WhatsApp) : 0895-2919-9119 (Jam Kerja 08.00 - 15.30 WIB)
website : http://ft.uny.ac.id
e-mail: ft@uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY