AUN-QA Visitasi Dua Prodi FT UNY

Berbagai upaya terus digalakkan untuk mewujudkan visi UNY menjadi kampus taraf dunia, Upaya ini nampak dari berbagai program yang telah berhasil merengkuh beragam prestasi dan pengakuan dari dunia internasional. Salah satu langkah standarisasi internasional terhadap kualitas dan layanan UNY adalah divisitasinya empat Program Studi Sarjana yakni Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Elektronika, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Kimia oleh ASEAN Quality Network-Quality Assurance ( AUN-QA) selama tiga hari (21-23/01/2020). AUN-QA merupakan salah satu bentuk penilaian terhadap mutu program studi dengan menekankan pada self-assessment melalui penyusunan Self-Assessment Report (SAR).

AUN-QA disusun mengacu ke standar akreditasi international oleh pakar-pakar Quality Assuarance se-ASEAN. AUN-QA sendiri bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi sebagai bentuk pemantauan kualitas dari AUN dengan pengukuran yang sistematis, terstruktur, transparan, dan berkesinambungan demi memastikan tersedianya SDM berkualitas yang nantinya akan berkontribusi terhadap perkembangan berkelanjutan dari masyarakat.

Tim Asessor AUN-QA yang hadir di UNY berasal dari berbagai perguruan tinggi di Asia Tenggara. Mereka adalah Assoc. Prof. Kamolwan Lueprasert (King Mongkut’s University of Technology North Bangkok, Thailand), Assoc. Prof. Dr. Vongdeuan OSAY (National University of Laos) untuk Program Studi Pendidikan Matematika. Prof. Wan Ahmad Kamil Mahmood, Ph.D. (Universiti Sains Malaysia), Dr. Dhiyathad Prateeppornnarong (National Institute of Development Administration, Thailand) untuk Pendidikan Kimia, Assoc. Prof Chavalit Wongse-ek (Mahidol University, Thailand), Assoc. Prof. Dr. Mohd Nizam Ab Rahman (Universiti Kebangsaan Malaysia) untuk Pendidikan Teknik Elektro, Dr.Veerades Panvisavas dari Mahidol University International College, Assoc. Prof. Dr. Brian Canlas Gozun (De La Salle University, Filipina) untuk Pendidikan Teknik Elektronika serta didampingi tim secretariat dan assessment AUN-QA Ms.Ing-orn Jeerararuensak dan Ms. Nisanat Watthayu.

Dalam visitasi ini, FT UNY pun telah bersiap dalam menyambut tim asesor dengan menyuguhkan pameran karya dan inovasi yang telah menorehkan serangkaian prestasi baik lingkup nasional maupun internasional diantaranya Weapon Robot V.1, atau produk tank yang dilengkapi senjata untuk mengenali musuh dan menyerang melalui artificial intelligence, Mobil Urban Garuda yang pernah menjadi Runner up Shell Eco Marathon se-Asia Pacific, Robot Rosemery Juara 1 Kontes Robot Seni Tari Indonesia, Kuda-Kuda War Truss yang pernah menjadi Juara 1 Kuda-Kuda Nasional selama 3 tahun berturut-turut, Mesin Pelebur Alumunium, Pesawat Terbang tanpa Awak yang pernah dinobatkan sebagai Juara II Divisi Racing Plane KRTI, Tim Karnaval, serta olahan-olahan makanan dari bahan lokal serta temuan-temuan lainnya.