TINGKATKAN KOMPETENSI KEAHLIAN KONSTRUKSI SMK

Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) terus aktif dalam upaya peningkatan mutu  pendidikan dan sumber daya manusia SMK khusunya kompetensi keahlian konstruksi gedung, sanitasi, dan perawatan (KGSP). Hal ini ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D., dengan Kepala SMK N 2 Yogyakarta, Dodot Yuliantoro, M.T. dan SMK N 2 Pengasih, Sumarno, M.T. (08/01/2020) yang turut didampingi Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Dr. Slamet Widodo, M.T.

Kejasama sama ini melingkupi penyelarasan/penyetaraan pembelajaran antara mata pelajaran di Kompetensi Keahlian KGSP SMK dengan mata kuliah yang relevan/terkait di D4 Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY, magang guru untuk pendalaman materi pembelajaran bidang penguatan kejuruan yang disepakati, Pendampingan guru SMK dalam menyiapkan perangkat materi dan implementasi pembelajaran bidang penguatan kejuruan yang disepakati, Pendampingan guru SMK dalam menyiapkan perangkat dan proses penilaian pembelajaran bidang penguatan kejuruan yang disepakati, Pendampingan dalam persiapan Uji Sertifikasi Kompetensi Keahlian, sharing sumber daya untuk proses pembelajaran.

Herman Dwi Surjono mengatakan bahwa kerjasama ini sebagai wujud tanggung jawab kampus dalam Menyelenggarakan pengabdian dan pember­daya­an masyarakat secara kreatif dan inovatif yang mendorong pengembangan potensi manusia dan masyarakat untuk mewujudkan kese­jahteraan masyarakat berdasarkan ketakwa­an, kemandirian, dan kecendekiaan.

“Sebagai kampus yang memiliki core business dalam bidang pendidikan vokasional tentu kerja sama ini sangat startegis untuk kemajuan bagi SMK dan FT UNY,” ujarnya.