Skip to main content

   Indonesia   |    English

Home

Main navigation

  • Beranda
  • Profil FT
    • Sejarah FT
    • Visi dan Misi
    • Pimpinan
    • Dosen dan Karyawan
    • Renstra FT UNY 2020-2025
    • VIRTUAL TOUR
  • Program Studi
    • S1 Pendidikan
      • Pendidikan Teknik Elektro
      • Pendidikan Teknik Mekatronika
      • Pendidikan Teknik Elektronika
      • Pendidikan Teknik Informatika
      • Pendidikan Teknik Otomotif
      • Pendidikan Teknik Mesin
      • Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
      • Pendidikan Tata Boga
      • Pendidikan Tata Busana
    • S1 - Teknik
      • Teknik Manufaktur - S1
      • Teknik Elektro - S1
      • Teknik Sipil - S1
      • Teknologi Informasi - S1
      • Teknik Industri - S1
      • Arsitektur - S1
    • S2 - Magister Pendidikan
      • S2 - Pendidikan Teknik Elektro
      • S2 - Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
      • S2 - Pendidikan Teknik Mesin
      • S2 - Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
    • S3 - Ilmu Teknik
  • Akademik
    • Permohonan Ijin Observasi
    • Permohonan SK Ujian TAS/PA
    • Permohonan SK Pembimbing TAS/PA
    • Permohonan Bebas Teori
    • Permohonan Ijin Penelitian TAS/PA
    • Permohonan Surat Tugas/Ijin Dosen/Tendik
    • Permohonan Surat Permohonan Praktik Industri ke Industri
    • Permohonan Surat Tugas Praktik Industri bagi Mahasiswa
    • Permohonan Surat Ucapan Terima Kasih pada Industri Tempat PI
  • Jurnal
    • Dinamika
    • Edukasi Elektro
    • Elinvo
    • Home Economics
    • Inersia
    • JEATech
    • JPTK
    • Vokasi Otomotif
  • PPID
    • Profil
    • Struktur
    • Formulir
    • Administrasi Akademik
    • Tata Cara
      • Permohonan Informasi
      • Pengajuan Keberatan
      • Pengaduan Penyelesaian Sengketa
      • Pengaduan Penyalahgunaan
      • Penyelesaian ke Komisi Informasi
    • Jadwal Layanan
    • Informasi Publik
      • Daftar Informasi Publik
      • Informasi Berkala
      • Informasi Setiap Saat
  • Event
    • SEMINAR INTERNASIONAL ELINVO
    • SEMINAR INTERNASIONAL ICOVEMAT
    • SEMINAR INTERNASIONAL ICSI
    • SEMINAR INTERNASIONAL ICTVT
    • SEMINAR NASIONAL SNPT
    • SEMINAR NASIONAL SNPTE
  • Library FT
  • Links
  • Penjaminan Mutu
  • SIM UNY
  • ZI - WBK

PENGUKUHAN GURU BESAR BIDANG ILMU PEMBELAJARAN PROSES PERMESINAN

By admin | 9:06 AM WIB, Mon February 17, 2020

Proses pemesinan adalah merupakan suatu proses yang digunakan untuk menghilangkan sebagian dimensi dari benda kerja dengan mempergunakan mesin perkakas dan alat potong (metal cutting process) sehingga terbentuk komponen seperti yang dikehendaki. Proses pemesinan hingga saat ini merupakan proses yang paling banyak digunakan di dalam membuat suatu komponen mesin yang lengkap dan merupakan proses manufaktur yang memiliki peranan sentral dalam pembuatan suatu unit peralatan atau mesin. Tujuan dari pembelajaran pemesinan ditekankan pada pencapaian kompetensi dalam dua hal, yaitu proses kerja dan hasil kerja (produk). Proses kerja meliputi: langkah kerja, penggunaan mesin dan alat bantu, penggunaan alat ukur, perawatan mesin dan alat bantu, alokasi waktu yang digunakan, sikap kerja, dan keselamatan kerja. Sedangkan hasil kerja yang berupa produk, ditekankan pada kualitas dimensi, kualitas geometri, dan kualitas permukaan benda kerja atau tingkat kekasarannya. Agar pembelajaran proses pemesinan dapat berjalan dengan baik, peserta didik harus memiliki kemampuan pendukung di bidang gambar teknik, ilmu bahan, metrologi industri dan teori pemesinan. Demikian dikatakan Prof. Dr. Ir. Dwi Rahdiyanta, M.Pd. dalam pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pembelajaran Proses Pemesinan pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Pidato berjudul ‘Tantangan Pembelajaran Pemesinan di Era Revolusi Industri 4.0’ itu dibacakan dihadapan rapat terbuka Senat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Sabtu (15/2). Dwi Rahdiyanta adalah guru besar UNY ke-151.

Pria kelahiran Gunungkidul, 15 Februari 1962 tersebut mengatakan, Tantangan dalam pembelajaran  pemesinan  moderen adalah masalah ketersediaan fasilitas mesin CNC (Computer Numerical Controlled) dan CAD/CAM (Computer Aided Design and Computer Aided Manufacturing) di dunia pendidikan. Fasilitas mesin CNC dan CAD/ CAM di kampus/sekolah masih dirasa sangat kurang dan masih tertinggal dengan yang ada di industri. Hal ini mengakibatkan link and match antara lembaga pendidikan dengan dunia industri bermasalah. “Untuk mengatasi tantangan tersebut dan sekaligus untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa di bidang pemesinan perlu dikembangkan model pembelajaran yang melibatkan secara langsung dunia industri atau dunia kerja” papar Dwi Rahdiyanta. Kerja sama dengan dunia industri sangat penting dilakukan karena dua pertimbangan yaitu mahalnya harga mesin CNC dan CAD/CAM dan pihak industri lebih menguasai teknologi maju.

Doktor bidang Ilmu Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY tersebut memaparkan, salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan adalah model pembelajaran teaching industry yaitu wahana produktif berbasis riset/ penelitian dan inovasi untuk mendukung  proses pembelajaran yang bersinergi dengan industri dan pemerintah. Perguruan tinggi memanfaatkan teaching industry sebagai wahana untuk hilirisasi/pembuatan produk-produk hasil penelitiannya dan melatih para mahasiswa melakukan praktik real melalui praktik kerja industri atau pembelajaran di tempat kerja (Work Based Learning). Industri dapat memanfaatkan teaching industry untuk memproduksi barang atau suku cadang yang diperlukan untuk kelengkapan produknya. Pada teaching industry, sumber daya pembelajaran  yang ada  di kampus dapat dimanfaatkan untuk peningkatan skills dan kompetensi sumber daya manusia dalam rangka penciptaan nilai tambah dan peningkatan produktivitas. Dari model pembelajaran teaching industry di bidang pemesinan ini diharapkan akan muncul produk-produk penghiliran hasil riset dan inovasi perguruan tinggi yang diharapkan dapat masuk ke segmen pasar sebagai substitusi produk-produk impor, sehingga ketergantungan  Indonesia  terhadap  produk  impor  khususnya dibidang  komponen-komponen  mesin  dapat  berkurang  secara bertahap.

Warga Warungboto Umbulharjo Yogyakarta tersebut mengemukakan, di era Revolusi Industri 4.0, guru/dosen menghadapi tantangan dalam proses pembelajaran. Tantangan tersebut berasal dari perkembangan teknologi digital di bidang informasi dan komunikasi yang memberi dampak pada teknologi pembelajaran dan perubahan karakter peserta didik dalam belajar. Tantangan real yang dihadapi para guru adalah bahwa para siswa telah mengenal teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam usia yang lebih dini dari pada gurunya. Untuk mengatasi masalah tersebut para guru/dosen dituntut dapat melaksanakan pembelajaran menggunakan multi user virtual environments (MUVEs).  Agar dapat melaksanakan pembelajaran menggunakan MUVEs dengan baik, para guru/dosen harus menguasai kemampuan yang terkait dengan: (1) Data Literacy, yaitu kemampuan untuk membaca, menganalisis, dan menggunakan Big Data (informasi) di dunia digital; (2) Technological Literacy, yaitu meliputi: coding, artificial intelligence, dan engineering principles (memahami cara kerja mesin, dan aplikasi teknologi); dan (3) Human Literacy (humanities, communication, dan design). (Dedy)

Berita Lain

  • Pentingnya Growth Mindset bagi Guru SMK
    09/15/2021 - 11:07
  • Dua Dosen Fakultas Teknik UNY Kibarkan Merah-Putih di TIRT 2020, Taiwan
    11/26/2020 - 10:55
  • PT Royal Lestari Utama (RLU) Group dan FT UNY Jalin Kerjasama Strategis
    12/18/2023 - 12:26
  • TIM ROBOT TERBANG UNY BERHASIL MERAIH JUARA DUA DIVISI RACING PLANE KRTI 2019
    10/08/2019 - 11:18
  • Dies Natalis FT UNY ke-60: Lomba Catur Online
    02/11/2021 - 08:37
  • Tim Fakultas Teknik dan Fakultas Kedokteran UNY Menjajaki Kolaborasi dengan PT Chosen Mitra Abadi (CMA)
    06/03/2024 - 09:55
  • Garuda UNY Raih Dua Gelar Internasional pada 2022 Virtual Off-track Award Shell Eco-marathon
    09/08/2022 - 10:16
  • UNY Melakukan Pencanangan Zona Integritas
    12/12/2023 - 08:54
  • SHORT INTERNSHIP PROGRAM DI SOUTHERN TAIWAN UNIVERSITY OF SCIENCE AND TECHNOLOGY
    11/20/2019 - 07:38
  • Tim PPPUD UNY Dampingi PT Wastraloka Indo Kreasi
    10/26/2020 - 13:44

Video Safety Briefing K3 FT UNY

Video Profil FT

Virtual Tour Fakultas Teknik UNY

Fakultas

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • BEM FT
  • HIMA MESIN
  • HIMA OTOMOTIF
  • HIMA ELEKTRO
  • HIMANIKA
  • HMTSP
  • HIMAGANA
  • UKMF FENOMENA
  • UKMF KMM
  • UKMF MATRIKS
  • UKMF KPALH CARABINER
  • UKMF OLAHRAGA
  • UKMF UNYTechTV

 

 

Bagian dan Sub Bagian

  • Subag Akademik
  • Subag Keuangan dan Akuntansi
  • Subag Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Subag Kemahasiswaan dan Alumni

Kontak Kami

Alamat : Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281
Telp. (0274) 586168 psw. 1216,1276,1289,1292 (0274) 586734 Fax. (0274) 586734
Help Desk (WhatsApp) : 0895-2919-9119 (Jam Kerja 08.00 - 15.30 WIB)
website : http://ft.uny.ac.id
e-mail: ft@uny.ac.id

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY